Selasa, 14 Januari 2014

Filosofi Mancing

Semua orang tahu bahwa hidup memang tidak sekedar bernafas namun perlu adanya filosofi atau analogi pada suatu kondisi dalam kehidupan yang menyiratkan pesan moral tentang hidup.

Memancing tentunya orang tahu pula bahwa adalah sebuah aktivitas yang melatih kesabaran seseorang. Kita bisa bayangkan dalam sebuah perahu atau kapal terdiri dari beberapa orang pemancing, dalam kondisi waktu yang sama, lokasi yang sama, jenis pancing yang sama bahkan umpan pancing pun sama, tapi mengapa ada teman yang narik terus dan ada yang narik beberapa kali , ada yang cuma sekali dan ada juga yang tidak narik ikan sama sekali.

Ilustrasi di atas menyiratkan sebuah filosofi dalam hidup. Setidaknya kita bisa menarik beberapa makna tersirat dalam kondisi tersebut , seperti :

1. Rezeki memang sudah ada yang ngatur.

2. Hidup memang harus sabar.

3. Kondisi dalam hidup adalah suatu hal yang berpola “menunggu giliran”.

4. Ketidaksabaran tidak membawa pengaruh apa apa.

Ukuran dan jumlah ikan yang didapat oleh para pemancing dalam sebuah perahu tersebut tentunya bervariasi , dari sini juga kita bisa mengambil filosofi bahwa rezeki itu beragam dan tingkat kebahagiaannya tergantung kepada cara kita mensyukurinya.

semoga bermanfaat dan  menjadi sebuah renungan dalam rangka menjalani hidup yang cuma sekali ini dengan indah dan damai.

thanks,

Sufyan Atstsaury, Sorowako, 31 Desember 2009.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar